Tahap pertama adalah Anda harus meng-upgrade Delphi Anda dengan menggunakan update resmi yang dikeluarkan oleh Borland. Anda harus melakukannya dengan urut, dari Update 1, Update 2 dan terakhir Update 3.

Sekedar informasi, Anda dapat melihat versi Delphi sebelum di-upgrade melalui menu Help -> About seperti terlihat pada gambar berikut:

Versi Delphi 2005 tanpa upgrade
Gambar 2 : Versi Delphi 2005 tanpa upgrade

Upgrade dengan Official Update 1

Instalasi Update 1
Gambar 3: Instalasi Update 1

Jalankan file setup untuk update 1 seperti Anda meng-instal aplikasi lainnya. Untuk memastikan proses update berjalan dengan baik, Anda dapat memeriksanya pada jendela About dan registry.

Informasi versi Delphi 2005 setelah Update 1
Gambar 4: Informasi versi Delphi 2005 setelah Update 1

Pada registry, Anda dapat memeriksa pada key HKLM\Software\Borland\BDS\3.0. Pada entry ProductVersion, pastikan nilainya 9.0.1, kemudian entry RegMergeLevel bernilai 1 dan entry UpdatePackInstalled bernilai 1.

Informasi versi Delphi 2005 setelah Update 1 pada Registry
Gambar 5: Informasi versi Delphi 2005 setelah Update 1 pada Registry

Upgrade dengan Official Update 2

Setelah instalasi Update 1 selesai, maka lanjutkanlah dengan instalasi Update 2. Proses instalasi sama seperti instalasi Update 1. Untuk memastikan proses update berjalan dengan baik, Anda dapat memeriksanya pada jendela About dan registry.

Informasi versi Delphi 2005 setelah Update 2
Gambar 6: Informasi versi Delphi 2005 setelah Update 2

Pada entry ProductVersion, pastikan nilainya 9.0.2, kemudian entry RegMergeLevel bernilai 2 dan entry UpdatePackInstalled bernilai 2.

Informasi versi Delphi 2005 setelah Update 2 pada Registry
Gambar 7: Informasi versi Delphi 2005 setelah Update 2 pada Registry

Upgrade dengan Official Update 3

Setelah instalasi Update 2 selesai, maka lanjutkanlah dengan instalasi Update 3. Proses instalasi sama seperti instalasi Update 1 dan 2. Untuk memastikan proses update berjalan dengan baik, Anda dapat memeriksanya pada jendela About dan registry.

Informasi versi Delphi 2005 setelah Update 3
Gambar 8: Informasi versi Delphi 2005 setelah Update 3

Pada entry ProductVersion, pastikan nilainya 9.0.3, kemudian entry RegMergeLevel bernilai 3 dan entry UpdatePackInstalled bernilai 3.

Informasi versi Delphi 2005 setelah Update 3 pada Registry
Gambar 9: Informasi versi Delphi 2005 setelah Update 3 pada Registry

Upgrade dengan Unofficial Update

Anda dapat melakukan upgrade Unofficial Update dengan dua cara, yaitu manual dan otomatis. Sebenarnya cara otomatis tidak sepenuhnya otomatis, ada beberapa langkah tambahan yang harus Anda lakukan untuk menyempurnakan upgrade, namun setidaknya dapat menghemat waktu Anda. Di sini saya akan menggunakan cara manual.

Jika Delphi 2005 masih berjalan, maka Delphi 2005 terlebih dahulu harus ditutup. Ekstrak file – file yang terdapat pada paket unofficial update ke folder bin pada folder Delphi 2005, pada kebanyakan kasus terletak pada C:\Program Files\Borland\BDS\3.0\Bin. Kemudian salin precompiled copy BorlandMM.dll dari arsip FastMM (FastMM427\Replacement BorlndMM DLL\Precompiled\for Delphi IDE\Performance) ke folder bin Delphi 2005.

Pada command prompt, arahkan prompt ke folder .NET SDK Anda, biasanya di C:\Program Files\Microsoft.NET\SDK\v1.1\Bin dan jalankan perintah di bawah ini:

sn -Vr Borland.Studio.Vcl.Design.dll

Sesuaikan path pada file Borland.Studio.Vcl.Design.dll sesuai dengan path Anda. Untuk lebih jelasnya simak gambar berikut:

Update assembly untuk platform .NET
Gambar10: Update assembly untuk platform .NET

Untuk memeriksa apakah upgrade ke unofiicial update berjalan dengan baik, Anda dapat memeriksanya melalui jendela About. Perhatikan bagian bawah jendela About, terdapat teks berwarna merah dengan label ‘Confidential Pre-release version’.

Informasi versi Delphi 2005 setelah unofficial update
Gambar 11: Informasi versi Delphi 2005 setelah unofficial update

Pangkas Rutin Internal

Hack berikutnya adalah memangkas rutin internal yang kurang efisien dengan menggunakan aplikasi kecil PatchRTL.exe. Seperti biasa, tutup Delphi 2005 Anda. Salin file RTL90.BPL dari folder system windows ke folder bin Delphi 2005. kemudian pada command prompt, jalankan perintah:

PatchRTL RTL90.bpl

Menggunakan PatchRTL
Gambar 12: Menggunakan PatchRTL

Personalisasi IDE Delphi

Hack berikutnya adalah melakukan personalisasi IDE Delphi 2005. personaliasi fitur IDE Delphi dan personalisasi paket komponen.

Personalisasi Fitur IDE

Personalisasi fitur IDE adalah memilih fitur – fitur IDE hanya yang dibutuhkan saja, dengan demikian fitur yang tidak dibutuhkan tidak ikut di-load sehingga dapat menghemat loading time dan resource memori. Untuk melakukannya, gunakan tool Delphi Setting Manager.

Tampilan muka Delphi Setting Manager
Gambar 13: Tampilan muka Delphi Setting Manager

Untuk membuat personalisasi baru berikut langkahnya:

-Pilih tab Delphi 2005;
-Klik tombol New;

Tampilan pembuatan personalisasi
Gambar 14: Tampilan pembuatan personalisasi

-Masukkan nama personalisasi pada kolom Setting Name;
-Pilih fitur yang ingin di-load pada saat startup pada kolom Templates dengan memberikan tanda cek pada kotak masing – masing fitur;
-Klik Ok untuk menyimpan personalisasi;

Personalisasi tersimpan
Gambar 15: Personalisasi tersimpan

Untuk menerapkan personalisasi yang telah dibuat, Anda harus menjalan Delphi melalui Delphi Setting Manager dengan meng-klik tombol Run Delphi. Jika Anda menjalankan Delphi langsung dari Start Menu, maka personalisasi yang telah dibuat tidak akan dijalankan.

Perhatikan pada saat proses startup Delphi yang telah dipersonalisasi dan bandingkan dengan proses startup Delphi tanpa personalisasi, Anda akan memperoleh perbedaan dalam hal status loading, kecepatan proses loading dan struktur menu pada IDE.

Hanya fitur yang diperlukan saja yang di-load
Gambar 16: Hanya fitur yang diperlukan saja yang di-load

Personalisasi Paket Komponen

Hack selanjutnya adalah memilih paket komponen yang di-load pada saat startup. Untuk itu Anda harus menyimpan setting-nya pada Default Options. Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut:

-Pada IDE Delphi, tutup semua project yang ada (File -> Close All);
-Pilih menu Project -> Default Options;
-Pilih personalisasi platform yang Anda inginkan, untuk win32 pilih Delphi for Win32, untuk .NET pilih Delphi for .NET;
-Pada jendela Default Project Options, pilih Packages;
-Perhatikan kolom Design packages, di dalam nya termuat paket – paket yang di-load pada IDE;
Daftar komponen yang di-load pada IDE
Gambar 17: Daftar komponen yang di-load pada IDE

-Kemudian pilih hanya komponen yang sering Anda gunakan dengan cara memberikan tanda cek komponen tersebut dan melepas komponen yang jarang Anda gunakan dengan menghilangkan tanda cek pada komponen tersebut;

Pilih hanya paket yang sering Anda gunakan
Gambar 18: Pilih hanya paket yang sering Anda gunakan

-Klik Ok untuk menyimpan perubahan.

Ketika Anda membuat project baru, maka package yg di-load adalah setting default yang telah Anda tetapkan sebelumnya. Nah ketika Anda membutuhkan komponen yang tidak ada pada daftar, maka Anda tinggal mengaktifkan package yang sesuai melalui jendela Package pada menu Project -> Option.

Anda juga bisa memodifikasi package option pada project yang telah Anda buat, jadi Anda dapat mengurangi load time project Anda. Jangan lupa untuk menyimpan konfigurasi yang telah Anda ubah sebelumnya pada file project Anda (file .dpr atau .bdsproj atau .bdsgroup).

Penutup

Dengan menerapkan semua teknik – teknik yang telah dipaparkan di atas, maka proses startup IDE dapat dipangkas secara signifikan. Pada sistem yang saya gunakan, saya dapat mereduksi proses load time hingga kurang dari setengah menit saja. Semoga juga berlaku bagi Anda. Sampai jumpa di Hacking Delphi edisi lainnya.

0 comments: