QTAFI (Questions, Tables and Figures) adalah suatu aplikasi yang dikembangkan untuk mempermudah pelaksanaan survey. Dengan QTAFI kita bisa dengan mudah membuat kuisioner, membuat lembar data di SPSS dan mempermudah proses analisis data dengan SPSS. Aplikasi ini sangat cocok bagi mahasiswa yang akan membuat kuisioner ataupun fakultas atau universitas yang akan mengadakan survey penelusuran alumni (graduate survey atau tracer study).

QTAFI adalah aplikasi yang berbasis makro. Bentuk aplikasi ini berupa file dokumen berekstensi doc (seperti dokumen yang biasa kita buat lewat MS Word), hanya saja terkandung makro QTAFI di dalamnya. Untuk menjalankan aplikasi ini tentu saja MS Word harus sudah terpasang di komputer kita.

Saya mulai menggunakan aplikasi ini sejak tahun 2003, pada waktu itu aplikasi ini membantu pelaksanaan survey penelusuran alumni di UGM. Sejak saat itu saya terlibat dalam pengembangan QTAFI dan online.QTAFI (QTAFI berbasis web) walaupun hanya sebagai tester setia :D. Sampai saat ini pengembangan aplikasi ini terus berlanjut, terutama untuk versi online yang sudah sampai pada versi 2. Saat ini puluhan online survey secara bersamaan berjalan di server online.QTAFI2.

Secara garis besar fungsi QTAFI terletak pada fungsi bukukode (codebook). Pertama kita buat bukukode yang isinya adalah informasi tentang pertanyaan-pertanyaan yang ada di kuisioner kita. Selanjutnya dengan bukukode ini kita bisa dengan mudah membuat:

* Kuisioner kertas. QTAFI akan menerjemahkan buku kode menjadi format kuisioner yang siap cetak.
* Definisi data SPSS (nama variabel, label variabel, nilai variabel, missing value).
* SPSS syntax untuk data analisis. Isinya perintah syntax dengan fungsi tabel, hasilnya berupa tabel dengan format standar publikasi ilmiah.
* Online kuisioner. Prosesnya adalah mengubah buku kode ke format XML yang kemudian dengan bantuan online.QTAFI2 kita bisa dengan mudah membuat online kuisioner.

Fungsi paling penting dari bukukode adalah sebagai alat dokumentasi dari kuisioner yang kita buat. Dokumentasi ini bisa dijadikan instrumen standar ketika beberapa peneliti bekerja bersamaan dalam proyek survey yang besar. Selain itu dokumentasi ini juga bisa sebagai acuan bagi operator dalam proses memasukkan data, terutama bila terdapat lebih dari satu operator.

Kita bisa juga membuat langsung kuisioner kertas dengan QTAFI tanpa membuat bukukode terlebih dahulu. Setelah kuisioner tersebut selesai kita bisa mendapatkan bukukode-nya secara otomatis lewat QTAFI.

Sebagai gambaran lebih terperinci Anda bisa membaca artikel Pengantar QTAFI . Artikel ini ditulis untuk workshop QTAFI pada tahun 2004 di UGM. Ada banyak perubahan dalam QTAFI setelah artikel tersebut ditulis, namun fungsi dasarnya tetap sama. Dengan mambaca artikel ini Anda bisa mendapatkan informasi lebih terperinci tentang QTAFI. Anda bisa juga langsung mencoba QTAFI dengan mengunduhnya terlebih dahulu disini. Proses pemasangannya sudah dijelaskan terperinci di dalamnya. Lebih lanjut tentang QTAFI dan online.QTAFI akan kita bahas pada artikel-artikel selanjutnya.

Saya sangat tertarik mendapatkan respon dari Anda yang telah mencoba QTAFI. Silakan tinggalkan komentar Anda dengan menuliskannya di formulir dibawah ini atau

0 comments: